Misteri Gedung Hantu Bintaro

Banyak gedung di Indonesia yang konon katanya berhantu, penulis sendiri belum membuktikan ini namun apa salahnya kita membagi informasi mengenai beberapa bangunan yang memiliki aroma mistik yang ada di Indonesia. Salah satunya gedung yang berada di Tanggerang ini.

Gedung ini terletak di Sektor 9 Bintaro, berada di depan RS Internasional Bintaro. Gedung ini sudah terlantar selama 12 tahun. Pemandangan angker memang terlihat di gedung tinggi menjulang itu. Meski begitu, gedung yang terbengkalai ini masih dijaga enam orang satpam (di versi lain ada yang mengatakan 16 orang satpam).

Belum jelas siapa yang pertama kali mengisukan gedung menjulang  tinggi  itu berhantu. Namun yang pasti, petugas satpam yang menjaga gedung tersebut ada yang percaya ada hantu di sana. ”Jika malam kerap terdengar suara perempuan tertawa dari dalam gedung,” kata seorang satpam, di lo­kasi, Rabu (11/3).

Selain menjadi rumah hantu, gedung tersebut juga disebut-sebut mengalami penurunan tanah ketika diuji beban setelah pembangunan konstruksinya selesai. Seorang warga sekitar yang tidak mau disebut namanya menyebutkan, amblesnya tanah menyebabkan gedung miring dan dianggap tidak aman untuk digunakan.

Menurutnya, jika gedung tersebut nanti akan digunakan, maka harus dibangun ulang. Seharusnya gedung itu didesain berlantai 17, tapi akhirnya dibuat 24 lantai. Sejauh ini belum ada pihak berwenang yang bisa menjelaskan misteri gedung mangkrak tersebut.

Menurut dia, suara tertawa perempuan tersebut mulai terdengar setelah pukul 23.00 WIB. Tapi tiap kali mengecek suara itu, para satpam selalu tak menemukan sumber suara. ” Selain itu ada perasaan aneh. Seakan-akan ada orang. Itu berlangsung hingga dini hari,” tambah dia.
Kasus mistis ini juga dibenarkan beberapa tukang ojek yang mangkal di sekitar gedung itu. Meski tak berhasil melihat hantu secara kasat mata, namun mereka mengaku sering dibayang-bayangi.

ilustrasi penampakan

“Ada sesuatu yang aneh kalau dilihat terus menerus. Tapi entah apa. Tapi saya yakin ada malunya. Kan sudah lebih dari 10 tahun terbengkalai,” kata seorang tukang ojek yang tak mau disebut namanya yang biasa mangkal di sekitar gedung.
Pantauan detikcom, gedung tersebut terbengkelai. Puluhan konstruksi gedung seperti kaca dibiarkan begitu saja. Puluhan jendela terbuka dengan sarang laba-laba tampak di dalam gedung. Kaca pun pecah di beberapa bagian. Rumput belukar dibiarkan tumbuh begitu saja.

Namun, benarkah gedung yang dijaga 6 satpam itu memang berhantu? Terserah Anda, percaya atau tidak. Jangan-jangan memang ada trik-trik mengisukan gedung itu berhantu dengan maksud tertentu. Namun, sejumlah orang kabarnya memang datang ke gedung itu karena penasaran.

Namun, isu amblesnya tanah gedung dibantah para petugas satpam yang menjaga gedung tersebut. ”Itu cuma omongan orang, kalau miring masak kontraktornya diam saja,” ujar Diyanto, petugas satpam kepala jaga.

Diyanto yang mengaku telah lima tahun menjaga gedung tersebut belum pernah melihat adanya mahluk halus.

Seperti diberitakan Warta Kota, Rabu (11/3), gedung kembar di kawasan Bintaro Sektor 9 tersebut menghebohkan warga karena banyak orang menyebutnya rumah hantu. Beberapa warga mengaku pernah mendengar suara perempuan cekikikan dan melihat sesuatu bergelantungan di gedung. Gedung 24 lantai dan berdinding kaca warna hijau itu pembangunannya baru setengah jadi serta belum digunakan. Sedangkan gedung Bank Permata di seberangnya yang dibangun dengan arsitektur serupa telah lama digunakan.

Agar tetap aman dari gangguan orang lain, pemiliknya mempekerjakan 18 petugas satpam yang berjaga siang dan malam dibagi dalam tiga regu.

Kondisi gedung memang sangat tidak terawat. Beberapa kacanya sudah pecah dan dipenuhi debu serta sarang laba-laba. Listrik hanya bisa menyala untuk lantai dasar dan lantai dua.

Diyanto mengatakan, pernah beberapa kali ada mahasiswa maupun pelajar yang hendak menggunakan gedung tersebut untuk berfoto bersama atau melakukan penelitian lainnya. Namun, Diyanto tidak memberi izin, karena harus melalui manajemen pemilik gedung, yakni sebuah bank swasta.

Informasi yang dihimpun Warta Kota, gedung tersebut masih dimilki jaringan bisnis properti Bintaro Jaya. Menurut kabar, pemilik properti tersebut enggan menempatinya karena dibangun di atas tanah yang dulu angker hingga sejak awal dibangunnya selalu ada makhluk halus. Informasi ini belum berhasil dikonfirmasi ke Bintaro Jaya.

Beberapa pengojek di kawasan Sektor 9, Bintaro Jaya membenarkan suasana mistik di gedung mangkrak tersebut. Selain itu, gedung itu cukup angker, sekalipun dilihat pada siang hari. Namun, taman di depan gedung kerap dijadikan tempat bercengkerama oleh pasangan muda-mudi pada malam hari. Meski di dekat gedung banyak pasangan berpacaran, suasana di kawasan gedung kosong itu tetap saja sepi.

”Suasananya terasa angker sekali dan singup,” ujar se­orang  pedagang yang melintas di samping gedung, kemarin.

Satpam yang menjaga gedung itu juga yakin, tidak lama lagi pembangunan gedung akan dilanjutkan. ”Lihat saja batas-batas merah di su­dut-sudut  sana, enggak lama lagi akan dikerjakan,” ujar Yanto.

Banyak pihak yang menyayangkan gedung megah itu tidak dimanfaatkan dan dibiarkan mangkrak hingga tampak kumuh. Belakangan muncul isu gedung itu miring sehingga tidak layak digunakan.

Benarkah gedung 24 lantai itu berhantu? Akhirnya terserah kepada Anda semua, boleh percaya dan boleh juga tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s